LPM UIN K.H. Abdurrahman Wahid

  • AMI 2022
    Pembukaan Audit Mutu Internal Tahun 2022
  • Pelatihan APT 9 Kriteria
    Pelatihan Penyusunan Borang APT 9 Kriteria
  • RTM 2021
    Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2021
  • Pelatihan Auditor AMI
    Pelatihan Peningkatan Kompetensi Auditor AMI 2022
  • Surveillance Audit ISO
    2nd Yearly Surveillance Audit ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018 Standards
  • Workshop OBE
    Workshop Outcome Based Education (OBE) 2022

UIN Gusdur Laksanakan Kegiatan AMI Tahun 2022

E-mail Print PDF

Pada Hari Senin, tanggal 17 Oktober 2022, UIN KH. Abdurrahman Wahid adakan pembukaan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) sebagai kegiatan rutin setiap tahun. Seluruh pimpinan dari jajaran Rektorat, Dekan dan Direktur, Wakil Dekan dan Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala UPT, Kepala Bagian Fakultas/pascasarjana dan para auditor turut hadir.

Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag. sebagai ketua LPM menjelaskan bahwa kegiatan AMI tahun ini dilaksanakan dengan tema “Improving Quality Management through Quality Culture” yang merupakan audit kepatuhan (compliance audit) yang berfokus pada audit dokumen di Fakultas/Pascasarjana dan program studi. Temuan AMI menjadi referensi dalam penyusunan RKAKL tahun 2023 agar semua kegiatan yang dilaksanakan berorientasi pada mutu dan pencapaian Renstra. Oleh karena itu, auditee diharapkan dapat bekerja sama dalam pelaksanaan AMI dengan menunjukkan dokumen yang sudah tersedia dan belum tersedia sehingga akan diketahui kekurangan dokumen di bagian tertentu. Untuk selanjutnya, temuan tersebut tidak hanya dicari akar masalahnya di prodi melainkan ditelusuri sampai pada UPPS bahkan pada pihak lain, seperti lembaga, UPT, maupun top management.

Selain itu, sambutan Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid, Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. sangat mengapresiasi kegiatan ini. Membangun budaya mutu di lingkungan universitas melalui pelaksanaan AMI sangatlah penting sebagai bagian dari siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Beliau juga menyampaikan bahwa kinerja harus sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam manual mutu, di mana nanti akan dievaluasi pada saat AMI.

Rangkaian AMI ini dilanjutkan dengan pelaksanaan audit di Pascasarjana dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada tanggal 17 Oktober 2022. Kemudian pada tanggal 21 Oktober 2022 pelaksanaan audit di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Selanjutnya pada tanggal 24 Oktober 2022 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Syariah. Hasil audit yang telah dilaksanakan disampaikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen pada Hari Senin tanggal 31 Oktober 2022.

Harapannya, melalui kegiatan AMI, UIN KH. Abdurrahman Wahid lebih siap dalam menghadapi reakreditasi dan  meningkatkan kinerja dengan lebih optimal terutama didasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan bersama. (LPM)