LPM UIN K.H. Abdurrahman Wahid

  • Pelatihan Auditor AMI
    Pelatihan Peningkatan Kompetensi Auditor AMI 2022
  • RTM 2021
    Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2021
  • AMI 2022
    Pembukaan Audit Mutu Internal Tahun 2022
  • Pelatihan APT 9 Kriteria
    Pelatihan Penyusunan Borang APT 9 Kriteria
  • Workshop OBE
    Workshop Outcome Based Education (OBE) 2022
  • Surveillance Audit ISO
    2nd Yearly Surveillance Audit ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018 Standards

Persiapan Akreditasi Internasional, LPM UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Melakukan External Benchmarking ke UMY

E-mail Print PDF

Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melaksanakan External Benchmarking of International Accreditation of Study Program ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada hari Kamis 8 Desember 2022. Kegiatan ini dihadiri dan disambut langsung oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu dan Kepala Bidang Penjaminan Mutu Eksternal UMY.

Ketua LPM, Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag. menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan waktu yang telah diberikan. Beliau menjelaskan "Tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar akreditasi dan sertifikasi internasional", pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPM UMY, Evi Rahmawati, SE. M. Acc. Ph.D. Ak CA., mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan bahwa beberapa prodi sudah tersertifikasi AUN-QA sebelum adanya aturan dari Menteri yang menetapkan akreditasi. Strategi yang dilakukan di antaranya adalah menetapkan kurikulum OBE sebagai langkah pertama untuk akreditasi internasional yang merupakan persyaratan utama mulai dari proses pembelajaran sampai penjaminan mutu terkait pembelajaran.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2015 melakukan banyak perubahan yang bermula dari mengikuti Reputable International University sampai pada tahun 2035-2040 menjadi Socio-Preneurial University sebagai top 300 WCU yang tidak terlepas dari rekognisi. Selain itu, UMY memiliki 5 Wakil Rektor yang membidangi 5 proses bisnis, meliputi bidang akademik (UPPS, PS, LPM, LSP, LPP, BAA dan Perpustakaan), bidang Sumber Daya Manusia (Lembaga Pengembangan Karir SDM, Biro Umum dan K3L, dan Biro Hukum), bidang keuangan dan aset (lembaga keuangan dan aset), bidang Kemahasiswaan, alumni dan AIK, serta bidang Kerjasama, internasional dan tata kelola.

Dalam mempersiapkan prodi dengan akreditasi internasional, UMY melihat standar mutu dan IKS untuk menjawab sesuai kebutuhan, kerjasama dengan kampus melalui sosialisasi secara masif, dan mengawal satu semester kurikulum OBE di lembaga pengembangan pendidikan.

Dari kunjungan tersebut, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan diharapkan bisa segera mengambil langkah, terutama dengan mengidentifikasi prodi-prodi yang bisa diajukan untuk akreditasi internasional dan mempersiapkannya sesegera mungkin agar hasilnya maksimal. (LPM)