LPM UIN K.H. Abdurrahman Wahid

  • Workshop OBE
    Workshop Outcome Based Education (OBE) 2022
  • Pelatihan Auditor AMI
    Pelatihan Peningkatan Kompetensi Auditor AMI 2022
  • RTM 2021
    Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2021
  • Surveillance Audit ISO
    2nd Yearly Surveillance Audit ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018 Standards
  • Pelatihan APT 9 Kriteria
    Pelatihan Penyusunan Borang APT 9 Kriteria
  • AMI 2022
    Pembukaan Audit Mutu Internal Tahun 2022

LPM UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Mengikuti Pelatihan Bahasa Inggris di TBI Bandung dalam Rangka Persiapan Akreditasi Internasional

E-mail Print PDF

2024-tbi-bandung-01Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan dipimpin oleh Ketua, Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag. mengikuti pelatihan Bahasa Inggris yang bertemakan Business Communication for Quality Assurance di The British Institute (TBI) Dago, Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari mulai hari Kamis tanggal 29 Februari 2024 sampai hari Minggu tanggal 3 Maret 2024. Pengajar dalam pelatihan ini terdiri atas native speaker of English dari Australia dan Amerika Serikat serta pengajar lokal dari Indonesia.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris tim LPM sebagai bagian dari persiapan Akreditasi Internasional UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. 2024-tbi-bandung-02
Selain itu, keterampilan ini juga berguna untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan mahasiswa internasional maupun kolega internasional.  Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah komunikasi bisnis, penulisan bisnis untuk penjaminan mutu, dan teknik bernegosiasi dengan klien atau kolega internasional secara formal atau informal.

Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan perkenalan (introduction) melalui permainan menyusun pertanyaan (questions) untuk mencocokkan dengan jawaban yang sudah dituliskan. Sesi selanjutnya, pengenalan petunjuk arah (directions) melalui permainan gambar.

2024-tbi-bandung-03
Pada hari ke dua, tim LPM juga diajarkan cara mendeskripsikan makanan (describe food), mengeja (spelling), melakukan dialog (carry out dialogue about bussiness) dan belajar penyusunan kalimat (simple present tense, present continuous tense dan simple future tense).

Pada hari ke tiga, sesi pertama dimulai dengan menebak kata (guest a word), belajar penyusunan kalimat lampau (simple past tense). Tim juga diajarkan menyusun dan melafalkan dengan benar menggunakan kata kerja beraturan (regular verbs), membuat surat resmi, undangan serta cara menjawab undangan tersebut (formal letter dan invitation) dan cara menyusun laporan yang benar (report).

Pada hari ke empat, pembelajaran diisi dengan membahas bisnis dan cara mendeskripsikannya, bermain kata dengan menuliskan kata sesuai dengan klasifikasinya, dan  menjawab pertanyaan dengan pola ARE (Answer, Reason, and Explain), PPF (Past, Present and Future) dan AAO (Admit, Asume, Offer).2024-tbi-bandung-04

Berbagai kegiatan yang telah dipraktikkan oleh tim LPM selama pelatihan ini, harapannya dapat dikembangkan dan digunakan pada saat berkomunikasi dengan mahasiswa maupun kolega internasional serta menjadi awal yang baik dalam mempersiapkan akreditasi internasional di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. (LPM)